Sering ke Gym? Waspadai Penyakit Kulit Ini

Secara rutin pergi ke pusat kebugaran atau gym untuk berolahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa gym pun bisa menjadi sarana pertukaran bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Ketika Anda melakukan  push-up, peregangan, atau untuk latihan angkat beban, bayangkan berapa banyak orang yang juga berkeringat ketika duduk atau berbaring di atas bangku latihan (training bench) saat berlatih. Tak hanya keringat, orang-orang yang berolahraga di gym juga bisa meninggalkan hal-hal lain seperti virus, bakteri, atau jamur yang dapat menyebabkan infeksi kulit jika Anda sampai terpapar.

Infeksi jamur atau kurap (ringworm)

Menurut Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Amerika Serikat, seperti dikutip di laman Men’s Health, kurap berbentuk seperti cincin. Penyebabnya adalah infeksi jamur yang menyerang permukaan kulit, lalu membentuk pola seperti cincin merah yang melingkar. Selain area kulit yang terpapar bisa terasa gatal dengan ruam yang terlihat jelas, tak ada gejala lain yang timbul dari infeksi ini. Kurap dapat muncul di berbagai area tubuh, tapi yang paling sering adalah daerah torso (dada, punggung, perut), lengan bagian atas, atau paha.

Penting untuk Anda ketahui, jamur tumbuh subur di lingkungan yang basah. Jadi, jika salah satu alat di pusat kebugaran terlihat basah atau ‘berkeringat’, jamur ringworm penyebab kurap bisa jadi mengintai Anda, jika para pengguna sebelumnya memiliki kurap.

Risiko terjadinya infeksi akan meningkat jika Anda punya luka terbuka pada kulit. Meski demikian, Anda juga bisa dengan mudahnya terpapar hanya dengan kontak dekat dengan alat yang terkontaminasi, misalnya seperti menyandarkan lengan di tiang alat angkat beban, atau duduk di atas karpet latihan yang kotor.

Pengobatan kurap adalah dengan penggunaan krim clotrimazole untuk menyerang jamur penyebab kurap. Jika tak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih ampuh.

Related posts

Leave a Comment