Perang Nyata Iran vs Israel Di Suriah

Konflik antara Suriah yang didukung Rusia dengan negara-negara Barat tak kunjung menunjukkan tanda-tanda akan usai. Terlebih setelah Amerika Serikat membentuk pasukan dengan Prancis dan Inggris untuk menyerang gudang senjata Suriah.

AS, Prancis, dan Inggris mengklaim serangan itu dilakukan sebagai tindakan balasan karena Suriah dituding menggunakan senjata kimia yang dilarang untuk menyerang warga sipil.

Serangan tiba-tiba yang dilakukan dan tanpa persetujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu tentu saja memicu kemarahan Rusia sebagai sekutu Suriah. Rusia pun bersumpah akan menanggapi serangan itu.

Sekarang ini di negara Suriah banyak negara yang terlihat dan terlihat di mana ini dapat membuat suriah sulit untuk bangkit kembali kalau saja terjadi perang. Belum selesai masalah Rusia dan juga Amerika Serikat di Suriah. Di mana sekarang ini Iran dan juga Israel siap perang. Serangan terbuka sudah dilakukan kedua negara tersebut dan kalau semakin besar jelas sangat sulit untuk Amerika Serikat dan juga Rusia tidak ikut campur.

Namun di belakang konflik yang tengah terjadi, masih ada konfrontasi lebih berbahaya lain yang diprediksi akan terjadi. Ini akan sangat membahayakan negar Suriah kalau saja Iran dan Israel melakukan perang.

Iran dan Israel di waktu bersamaan tampaknya akan saling mengokang senjata di Suriah. Sebabnya, Iran menjadikan Suriah menjadi pangkalan udara mereka untuk melawan Israel.

Menurut para pejabat pertahanan, Israel tidak akan membiarkan Hizbullah membentuk ancaman rudal di Libanon. Maka hal serupa juga akan dilakukan Israel kepada Iran.

“Ini bukan spekulasi belaka. Dalam beberapa minggu terakhir, untuk pertama kalinya, Israel dan Iran telah saling menyerang secara diam-diam. Namun hal itu dilakukan secara langsung, bukan melalui proksi, di Suriah,” demikian pernyataan Friedman.

Insiden pertama dalam konflik Iran versus Israel di Suriah ini terjadi pada 10 Februari lalu ketika sebuah pesawat nirawak (drone) Iran yang dioperasikan Pasukan Garda Revolusi dari pangkalan udara T4 di Homs ditembak jatuh oleh helikopter Apache Israel karena memasuki wilayah udara Negeri Bintang Daud.

Related posts

Leave a Comment