Manfaat sehat dari lari maraton dan cegah penyakit

Melakukan kegiatan olahraga sebagai salah satu hal yang sangat bagus untuk kesehatan dan dengan itu di mana kita disarankan untuk rutin melakukan lari maraton.

Lari maraton di mana ini sangat mudah dan ini bisa dilakukan kapan pun. Lari maraton ini jelas dapat tingkatkan stamina tubuh dan juga dapat mencegah beberapa macam penyakit.

Manfaat dari lari maraton untuk kesehatan sebagai berikut:

Menguatkan Otot dan Tulang Kaki
Pada saat seseorang sedang melakukan lari maraton, maka kaki akan menjadi tumpuan beban sekaligus pusat dari semua gerakan yang dilakukan tubuh. Beberapa gerakan yang terjadi pada kaki secara konstan tersebut nantinya bisa meningkatkan kekuatan tulang dan otot sekaligus juga meningkatkan keseimbangan dan juga koordinasi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat lain yang bisa didapatkan saat melakukan lari maraton adalah meningkatkan metabolisme. Tubuh nantinya akan mengeluarkan racun dalam tubuh sekaligus meningkatkan produksi zat baik yang bisa melindungi tubuh dari segala macam jenis virus penyebab penyakit. Dengan teratur melakukan lari maraton, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat yang tentunya juga meminimalisir risiko terserang penyakit.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Melakukan maraton juga sangat baik untuk melatih jantung dimana jantung nantinya juga akan berdegup lebih kencang ketika sedang berlari. Lari merupakan jenis olahraga cardio yang bisa membuat jantung dan peredaran darah bisa bekerja lebih baik. Jantung yang selalu terlatih ini nantinya juga akan meningkatkan kekuatan jantung sehingga terhindar dari berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung.

Menurunkan Risiko Diabetes
Gula adalah satu dari sekian banyak sumber energi yang ada dalam tubuh. Namun jika menumpuk terlalu banyak, maka bisa meningkatkan risiko diabetes. Lari maraton sangat membutuhkan banyak energi sehingga tubuh nantinya akan membakar gula sekaligus lemak sebagai sumber kalori saat berlari. Dengan begitu, maka kadar gula akan menurun dan risiko terkena diabetes juga bisa diturunkan.

Untuk itu jelas jangan malas untuk berolahraga, karena ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Related posts

Leave a Comment