Khasiat Dari Rebusan Air Kelapa untuk kesehatan

Air kelapa biasanya hanya di minum seperti biasa secara umumnya. Untuk itu anda pastinya belum pernah mendengar air kelapa yang di rebus untuk diminum dan untuk itu jelas sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu ini ada beberapa manfaat dari air kelapa yang direbus untuk kesehatan.

Membantu Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Rebusan air kelapa memang tidak dapat mengatasi batu ginjal apabila endapan garam benar-benar sudah mengeras dan mengkristal. Namun begitu, rebusan air kelapa dapat membantu mencegah terbentuknya kristalisasi endapan tersebut agar tidak menjadi batu ginjal. Tidak hanya itu, air kelapa juga dapat menetralisir racun sehingga kinerja ginjal dapat menjadi lebih ringan dan sehat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Rebusan air kelapa dapat membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga makanan tercerna dengan baik dan penyerapan sari-sari makanan dapat lebih maksimal. Hal ini tidak terlepas dari manfaat serat yang memang disarankan untuk menyehatkan pencernaan.

Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mencegah aterosklerosis sehingga pembuluh darah tidak menyepit akibat adanya penyumbatan oleh kolesterol tersebut. Dengan manfaat ini, penyakit hipertensi dapat dicegah.

Baik untuk Menu Diet

Rasa air kelapa yang manis sangat cocok digunakan untuk menggantikan berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, sehingga dapat menjadi pilihan menu untuk diet yang menarik. Air kelapa rendah lemak sehingga aman. Namun, air kelapa berbeda dengan santan kelapa. Santan kelapa diperoleh dari parutan dan pemerasan daging buah kelapa, dimana memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi, dan ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dan mineral dalam kelapa sangatlah baik untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Air kelapa sangat sehat dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Namun, bukan berarti air kelapa dapat menjadi pengganti yang lebih baik dari susu maupun manfaat air putih biasa, yang kadangkala ini menjadi pemahaman yang salah bagi sebagian orang. Air kelapa dapat memiliki efek samping apabila dikonsumsi terlalu banyak, sehingga disarankan air putih tetap menjadi pilihan utama dalam mencegah dehidrasi.

Related posts

Leave a Comment