Kandungan Gandum yang bagus untuk tubuh dan juga kulit

Gandum bukan lagi hal yang asing didengar dan di mana sudah secara umum orang mengetahui manfaat dan khasiat yang sehat dari gandum ini. Akan tetapi di mana mungkin belum semua orang mengetahui manfaat apa saja yang bisa diberikan gandum untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit tubuh.

Sangat banyak sekali khasiat yang bisa kita dapatkan kalau rutin untuk mengkonsumsi gandum dan untuk itu ini dia beberapa manfaat dari konsumsi gandum secara rutin untuk tubuh.

Meningkatkan Berat Badan
Seseorang yang rajin mengkonsumsi gandum utuh bisa mengalami peningkatan berat badan yang sehat dari waktu ke waktu dibandingkan yang tidak mengkonsumsi gandum utuh. Namun meski bisa meningkatkan berat badan, mengkonsumsi gandum utuh jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan mengkonsumsi gandum olahan, nasi dan beberapa jenis sumber karbohidrat lainnya.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk mencegah diabetes karena mengandung serat tinggi namun rendah akan gula. Sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi gandum utuh per hari agar risiko diabetes bisa diturunkan.

Menurunkan Tekanan Darah
Gandum utuh tidak hanya berguna untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida namun juga berguna untuk menurunkan tekanan darah salah satu penyebab penyakit jantung. Dalam penelitian juga dibuktikan jika mengkonsumsi gandum utuh secara teratur tidak hanya ampuh untuk menurunkan kolesterol darah, trigliserida, tekanan darah dan juga kadar insulin namun juga sekaligus bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Kanker
Bukti lain membuktikan jika mengkonsumsi gandum utuh juga bisa dijadikan solusi kanker tertentu seperti kanker payudara, kolorektal serta pankreas. Untuk itu, kombinasikan mengkonsumsi gandum utuh bersama dengan buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Gandum utuh sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi karena kandungan serat dalam gandum utuh bisa menyerap kolesterol jahat penyebab penyakit jantung secara menyeluruh. Dalam sebuah studi menyatakan jika seorang wanita yang mengkonsumsi 2 hingga 3 porsi gandum utuh bisa menurunkan 30% risiko serangan jantung atau bahkan meninggal dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi gandum utuh.

Related posts

Leave a Comment