Aktor Amoroso Katamsi Meninggal Dunia

Nusaindo.com, Jakarta Aktor Amoroso Katamsi meninggal dunia. Dunia perfilman Indonesia berduka. Amoroso meninggal dunia di Jakarta, Selasa (17/4/2018) dini hari. Amoroso meninggal dunia pukul 01.40 WIB

Kabar meninggalnya Amoroso Katamsi disampaikan novelis Rayni N. Massardi melalui akun Facebook-nya, Selasa pagi. Beberapa hari sebelumnya, di akun jejaring sosialnya juga Rayni sempat mengabarkan Amoroso sakit dan dirawat di RS AL Mintoharjo, Jakarta, karena menderita komplikasi penyakit.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Bapak/Eyang kami tercinta Bp Amoroso Katamsi telah berpulang ke Rahmatullah pada hari Selasa 17 April 2018 pk 01.40…”. Begitu istri penulis dan mantan wartawan Noorca Massardi menulis berita duka ini.

Amoroso Katamsi di era tahun 1980-an dikenal lewat film Pengkhianatan G 30 S/PKI atau Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI. Amoroso Katamsi berperan sebagai Letjend Soeharto, Pangkostrad di era akhir tahun 1960-an.

Lewat film garapan mendiang sutradara Arifin C. Noer itulah, aktor kelahiran 21 Oktober 1940 itu melekat dengan sosok Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, sampai sekarang.

 

1 dari 2 halaman

Film Legendaris

 

Yang menarik, dari sekian banyak pemain ada dua aktor yang kemudian akan lebih dikenal sebagai bintang sinetron. Yang pertama adalah Amoroso Katamsi pemeran Soeharto. Pria kelahiran 21 Oktober 1940 ini tiga kali memerankan sosok Pak Harto. Selain di film Penumpasan Pengkhiatan G 30 S PKI, Amoroso kembali berperan sebaga Pak Harto di film Djakarta 1966 (1988) dan Dbalik 98 (2015).

Di film Dibalik 98, Amoroso memerankan Soeharto saat akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden pada Mei 1998. Sebelum bermain di film G 30 S PKI, Amoroso sudah pernah di sejumlah film layar lebar.Amoroso juga pernah menjadi ketua PARFI.

1 dari 2 halaman

 

Related posts

Leave a Comment